Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperatif Learning tipe co-op co-op terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika (MDDE) di kelas X TAV SMKN 1 Bukittingg

Rakhmadsyah, Arif (2012) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperatif Learning tipe co-op co-op terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika (MDDE) di kelas X TAV SMKN 1 Bukittingg. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ARIF RAKHMADSYAH_85144_2012_4067.pdf] Text
final_B1_6_ARIF RAKHMADSYAH_85144_2012_4067.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan observasi dan keterangan guru hasil belajar di SMK N1 Bukittinggi mata diklat Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika (MDDE) rendah, sehingga belum mencapai standar KKM yaitu 70. Hasil belajar dipengaruhi beberapa faktor salah satunya model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengungkap pengaruh model pembelajaran tipe co-op co-op terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika (MDDE) di SMK N 1 Bukittinggi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa XTAV yang berjumlah 34 orang yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas XTAV1 dan XTAV 2, penarikan sampel dilakukan dengan metode penarikan sampel jenuh,. Jadi sampel penelitian 40 orang. Jenis penelitian in adalah penelitian eksperimen, perlakukan penelitian eksperimen membagi menjadi 2 kelas penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dijadikan kelas eksperimen adalah XTAV 1 dengan jumlah siswa 17orang dan kelas kontrol X TAV2 dengan jumlah siswa 17 orang. Adapun hipotesis penelitian “terdapatnya pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe co-op co-op terhadap hasil belajar siswa kelas X TAV di SMK N 1 Bukittinggi”. Sebelum membuktikan hipotesis ada beberapa analiasa dilakukan., uji coba soal dikukan dalam bentuk soal objektif 35 soal dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas , uji indeks kesukaran soal dan daya beda soal diperoleh soal yang dijadikan uji evaluasi 30 soal. Untuk menganalisa data dilakukan beberapa analisis uji normalitas , uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah data di analisa diperoleh data normal dan homogen, hipotesis diterima dengan taraf kepercayaan 95% . hal ini terlihat pada nilai rata-rata, kelas eksperimen memiliki rata-rata tinggi yaitu 79,47 dengan perlakukan model pembelajaran cooperatif learning tipe co-op co-op sedangkan untuk kelas kontrol dengan rata 66,88 dengan perlakuakn model pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan model pembelajaran cooperatif learning tipe co-op co-op dapat memepengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperatif Learning tipe co-op co-op, Hasil Belajar, MDDE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 13 Aug 2025 03:47
Last Modified: 13 Aug 2025 03:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21191

Actions (login required)

View Item
View Item