Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Chemistry Triangle Menggunakan Aplikasi Android untuk Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X SMA/MA

Sari, Santi Amelia (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Chemistry Triangle Menggunakan Aplikasi Android untuk Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SANTI_AMELIA_SARI_1101490_4329_2015.pdf] Text
final_B1_7_SANTI_AMELIA_SARI_1101490_4329_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Karakteristik dari materi larutan elektrolit dan non elektrolit sebagian besar konsep bersifat abstrak seperti proses suatu larutan menghantarkan arus listrik dan interaksi ion-ion di dalam larutan tidak dapat dilihat secara langsung. Untuk membantu siswa memahami konsep yang bersifat abstrak perlu dibuatkan sebuah media yang dapat menjelaskan konsep secara mikroskopik. Media pembelajaran yang dapat menjelaskan secara makroskopik adalah media pembelajaran berbasis chemistry triangle menggunakan aplikasi android. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran kimia berbasis chemistry triangle menggunakan aplikasi android serta menguji kevalidan dan kepraktisan dari media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (four D models) yaang terdiri dari (1) define(pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) disseminate (penyebaran). Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari lembar validitas dan lembar praktikalitas. Media pembelajaran kimia berbasis chemistry triangle divalidasi oleh 5 orang validator (tiga orang dosen kimia dan dua orang guru kimia SMAN 7 Padang) dan uji praktikalitas dilakukan oleh lima orang guru kimia dan 30 orang siswa kelas X IPA SMAN 7 Padang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, data yang didapatkan dari angket diolah dengan formula moment kappa. Hasil analisis validitas didapatkan rata-rata moment kappa 0,88 dengan kategori kevalidan sangat tinggi dan rata-rata moment kappa dari angket respon guru yaitu 0,93 sedangkan rata-rata moment kappa dari angket respon siswa 0,88 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Berdasarkan data tersebut diperoleh bahwa media pembelajaran kimia menggunakan aplikasi android kimia sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk belajar mandiri siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Android, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Model 4-D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 13 Aug 2025 03:47
Last Modified: 13 Aug 2025 03:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21189

Actions (login required)

View Item
View Item