Yellireflis, Yellireflis (2011) Meningkatkan Kemampuan Matematika Awal Anak melalui Permainan Kotak Kardus di TK Iqra’ Abadi Kecamatan Sungayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_YELLIREFLIS_51184_52_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_YELLIREFLIS_51184_52_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_YELLIREFLIS_51184_52_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan kognitif anak dalam memahami konsep berhitung di TKIqra’ Abadi Kecamatan Sungayang masih rendah (di bawah KKM yangditetapkan. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkanperkembangan kognitif anak terhadap pemahaman konsep berhitung.Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dengansubjek penelitian TK Iqra’ Abadi Kecamatan Sungayang pada kelompok B yangberjumlah 13 orang anak dengan menggunakan Alat Permainan Edukatif KotakKardus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, danformat hasil penilaian anak, selanjutnya diolah dengan teknik persentase.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitiandisetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan perkembangan kognitifanak dari siklus I yang pada umumnya masih terlihat rendah. Pada siklus Ipeningkatan perkembangan kognitif anak terlihat masih kurang aktif sesuaidengan persentase tingkat keberhasilan dan dilanjutkan pada siklus II peningkatanperkembangan kognitif anak menjadi lebih meningkat serta menunjukkan hasilyang positif, terlihat tercapainya persentase tingkat keberhasilan anak meningkat,sehingga hasil rata-rata tingkat keberhasilan anak melebihi Kriteria KetuntasanMinimal (KKM) yang telah ditetapkan.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatanperkembangan kognitif anak melalui Alat Permainan Kotak Kardus setelahdilakukan tindakan dari siklus I dan siklus II dapat meningkatkan perkembangankognitif anak di TK Iqra’ Abadi Kecamatan Sungayang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Kognitif, Konsep Berhitung, Alat Permainan Edukatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:53 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21186 |