Yulia, Elva (2018) Studi Komparasi Kualitas Pelayanan Oleh Room Attendant di Hotel Grand Rocky Bukittinggi dan Rocky Plaza Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_ELVA_YULIA_14135064_4069_2018.pdf [thumbnail of B1_04_ELVA_YULIA_14135064_4069_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_ELVA_YULIA_14135064_4069_2018.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti tentang masih terdapatnya
tamu complain dikarenakan kurang masksimalnya kualitas pelayanan yang
diberikan oleh room attendant di Hotel Grand Rocky Bukittinggi dan Rocky Plaza
Padang. Oleh karena itu peneliti berkeinginan untuk mendeskripsikan dan
membandingkan kualitas pelayanan oleh room attendant di Hotel Grand Rocky
Bukittinggi dan Rocky Plaza Padang
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif. Populasi dari
penelitian ini adalah tamu yang pernah menginap di Hotel Grand Rocky
Bukittinggi dan Rocky Plaza Padang. Teknik pengambilan sampel adalah
Purposive Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 197 orang.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan
skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data
menggunakan Uji Statistik dengan t-Test.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil sebagai
berikut: (1) Kualitas pelayanan oleh room attendant di Hotel Grand Rocky
Bukittinggi diperoleh rata-rata skor sebesar 3,37 dengan kategori sangat baik. (2)
Kualitas pelayanan oleh room attendant di Hotel Rocky Plaza Padang diperoleh
rata-rata skor sebesar 3,32 dengan kategori sangat baik. (3) Perbandingan kualitas
pelayanan oleh room attendant di Hotel Grand Rocky Bukittinggi dan Rocky
Plaza Padang menunjukan hasil analisis uji t diperoleh nilai t hitung ≤ t tabel (1.310 <
1972) dan P value (0.192 > 0.05) hal ini membuktikan bahwa hipotesis Ho
diterima dan Ha ditolak, artinya tidak terdapat perbedaan kualitas pelayanan oleh
room attendant di Hotel Grand Rocky Bukittinggi dan Rocky Plaza Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KUALITAS PELAYANAN, ROOM ATTENDANT, STUDI KOMPARASI. |
Subjects: | Hospitality |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:52 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21175 |