Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN 31 Pasir Kandang Kecamatan Koto Tangah

Dewi, Zurahmi (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN 31 Pasir Kandang Kecamatan Koto Tangah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_ZURAHMI_DEWI56872_5031_2017.pdf] Text
final_B1_06_ZURAHMI_DEWI56872_5031_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh cara guru menyajikan materi tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dalam kelompok yang heterogen serta rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yaitu 75. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dikelas IV SDN 31 Pasir Kandang Kecamatan Koto Tangah.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 31 Pasir Kandang Koto Tangah. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian adalah hasil pengamatan dari setiap tindakan yang dilaksanakan pada proses pembelajaran dengan menggunakan hasil observasi dan hasil tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) perencanaan pada siklus I memperoleh rata-rata 74,9%, pada siklus II memperoleh 89,2%, b) pelaksanaan pembelajaran dari aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 75%, pada siklus II rata-rata menjadi 90%, aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 60%, pada siklus II rata-rata menjadi 90%, c) rata-rata hasil belajar pada siklus I, kognitif 68,3, afektif 68,6, psikomotor 69,2 meningkat pada siklus II ratarata kognitif 87,5, afektif 82,2, psikomotor 79,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar, IPS , Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:51
Last Modified: 13 Aug 2025 02:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21165

Actions (login required)

View Item
View Item