Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation di Kelas IV SDN 09 Bandar Buat Kota Padang

P, Zulmai Oktri Yanti (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation di Kelas IV SDN 09 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_ZULMAI_OKTRI_YANTI_PUTRI_FIP_96250_6015_2013.pdf] Text
final_B1_06_ZULMAI_OKTRI_YANTI_PUTRI_FIP_96250_6015_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran PKn yang masih berpusat kepada guru sehingga berlangsung pembelajaran PKn yang membosankan. Hasil belajar siswa belum mencapai standar ketuntasan yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan model Group Investigation bagi siswa kelas IV SDN 09 Bandar Buat Kota Padang.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah penulis sebagai peneliti dan guru kelas sebagai observer. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes evaluasi. Data adalah hasil pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan model Group Investigation. Sumber data berasal dari guru dan siswa kelas IV SDN. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dengan model siklus yang mempunyai empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian dari aspek perencanaan pembelajaran pada siklus I adalah 77% pada siklus II adalah 89,5%, hasil pengamatan aspek guru pada siklus I adalah 73,9% pada siklus II adalah 89,5%, hasil pengamatan aspek siswa siklus I adalah 73,9% pada siklus II adalah 89,5%,dan rata-rata hasil belajar siklus I yaitu adalah 70,9 meningkat pada siklus II menjadi 85. Dengan demikian, model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan rencana pelaksanaan pembelajaran PKn, pelaksanaan pembelajaran PKn dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 09 Bandar Buat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Cooperative Learning, Tipe Group Investigation
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:51
Last Modified: 13 Aug 2025 02:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21160

Actions (login required)

View Item
View Item