Yanti, Desri (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas III SDN 15 Anduring Kecamatan Kuranji Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DESRI_YANTI_1108295_782_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_DESRI_YANTI_1108295_782_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DESRI_YANTI_1108295_782_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di SDN 15 Anduring Kuranji Padang bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA masih rendah. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menerapkan model kooperatif tipe Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran tematik dengan menggunakan model koopertatif tipe Make A Match di kelas III SDN I5 Anduring Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas, Penelitian dilakukan dua siklus, dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 di SDN 15 Anduring Padang. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN 15 Anduring Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah lembar pengamatan, dan lembar tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) dari RPP, persentase rata-rata nilai siklus I 78,57% (baik) dan siklus II 89,28% (sangat baik), b) pelaksanaan, aspek guru persentase rata-rata nilai siklus I 77,08% (baik) dan siklus II 89,58 (sangat baik). Aspek siswa pada siklus I 76,04% (baik) dan siklus II 89,58% (sangat baik). c) hasil belajar siswa pada siklus I dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor adalah 72,91 (baik), 72,76 (baik), dan 76,03 (baik) meningkat menjadi 91,66 (sangat baik), 89,75 (sangat baik), dan 92,20 (sangat baik) pada siklus II. Berarti model kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas III SDN 15 Anduring Kuranji Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, pembelajaran IPA, model kooperatif Make A Match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:50 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21151 |