Leni, Yatri (2014) Metode Penanaman Nilai-nilai Agama di Taman Kanakkanak Dharmawanita Sisawah Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_YATRI_LENI_11990_350_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_YATRI_LENI_11990_350_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_YATRI_LENI_11990_350_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan dilapangan yaitu kurangnyapengetahuan guru tentang metode penanaman nilai-nilai agama. Guru mengalamikesulitan dalam memilih metode yang akan digunakan dalam kegiatan penanamannilai-nilai agama. Sehingga metode yang digunakan guru dalam kegiatan penanamannilai-nilai agama kurang berfungsi secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untukmendeskripsikan metode yang digunakan guru dalam kegiatan penanaman nilai-nilaiagama di Taman Kanak-kanak Dharmawanita Sisawah Kabupaten Sijunjung.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptifdengan pendekatan kualitatif. Informan/ responden dalam penelitian ini adalah gurudi Taman Kanak-kanak Dharmawanita Sisawah Kabupaten Sijunjung. Teknikpengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dandokumentasi. Data yang diperoleh dideskripsikan sesuai dengan realitanya dan apaadanya. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam bentuk deskripsi yaituberupa kata-kata, dan teknik pengabsahan data pada penelitian ini menggunakanteknik triangulasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode dalam kegiatanpenanaman nilai-nilai agama di TK Dharmawanita Sisawah Kabupaten Sijunjungsudah sesuai dengan perencanaan yang dibuat oleh guru sebelumnya. Metode yangdigunakan oleh guru TK Dharmawanita Sisawah Kabupaten Sijunjung dalamkegiatan penanaman nilai-nilai agama yaitu: metode keteladanan, metode pemberiantugas, metode bernyanyi, metode demonstrasi dan metode iqra’. Penggunaan metodeyang bervariasi dalam kegiatan penanaman nilai-nilai agama dapat meningkatkandaya tarik anak terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Tingginya tingkat ketertarikananak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran membuat indikator tujuan pembelajaranyang telah direncanakan oleh guru sebelumnya dapat dicapai oleh anak secaramaksimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanaman Nilai Agama, Metode Pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:49 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21145 |