Oksita, Helen (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 12 Padang Sibusuk Kec. Kupitan Kab. Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HELEN_OKSITA_09946_2444_2013.pdf [thumbnail of B1_6_HELEN_OKSITA_09946_2444_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HELEN_OKSITA_09946_2444_2013.pdf
Download (191kB)
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan
keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD dan mampu memberikan suatu
objek sehingga pembaca dapat melihat dan merasakan hasil penulisan tersebut
sesuai dengan citra penulisannya. Kenyataan yang ditemui di SDN 12 Padang
Sibusuk bahwa kemampuan siswa dalam menulis narasi masih rendah. Masalah
dalam penelitian ini adalah siswa kurang mampu untuk menuangkan ide dan
gagasannya dalam menulis narasi. Sehingga siswa merasa kesulitan untuk
memulai dari mana untuk menulis narasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action
research), penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan
subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Kegiatan difokuskan pada setiap
tahap yaitu tahap prapenulisan, tahap penulisan dan tahap pascapenulisan. Data
penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, pencatatan lapangan, dan
dokumentasi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari
kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pada masing- masing
siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahhwa penggunaan pendekatan
Konstruktivisme dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis narasi.
Peningkatan tersebut terlihat dalam hal (1) penggunaan pendekatan
Konstruktivisme dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk belajar aktif,
kreatif, dan menyenangkan, (2) Dengan pendekatan Konstruktivisme dapat
meningkatkan keterampilan siswa dalam menuangkan ide dan gagasan dalam
menulis narasi, hal ini terlihat dalam setiap tahap prapenulisan, penulisan , dan
pascapenulisan, (3) Keterampilan siswa menulis narasi telah meningkat dengan
pendekatan Konstruktivisme. Ketuntasan siswa pada tahap prapenulisan 83,3 %,
tahap penulisan 75 %, dan tahap pascapenulisan 91,6%. Keberhasilan menulis
narasi setiap siswa di siklus II telah mencapai batas ketuntasan untuk setiap tahap
yaitu 75%. Dengan penggunaan pendekatan Konstruktivisme siswa menjadi
terbantu menuangkan dan mengembangkan ide dalam menulis narasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:49 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21144 |