Wahyuni, Desri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Pecahan Dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 22 Koto Lalang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DESRI_WAHYUNI_1200608_6173_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_DESRI_WAHYUNI_1200608_6173_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DESRI_WAHYUNI_1200608_6173_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pembelajaran soal cerita pecahan di lapangan masih rendah. Guru tidak memberikan sebuah masalah yang berhubungan dengan dunia nyata siswa, Guru belum optimal membentuk kelompok untuk belajar, Guru belum membimbing siswa mencari permasalahan, Guru belum optimal dalam membimbing siswa dalam melaporkan hasil diskusinya ke depan kelas, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Problem Based Learning pada peningkatan hasil belajar soal cerita pecahan di kelas IV SDN.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peneliti, guru (observer) dan siswa kelas IV SDN 22 Koto Lalang. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh presentase rata-rata 74 % (B), meningkat pada siklus II diperoleh presntase 89% (SB). Hasil pengamatan aktivitas guru siklus I diperoleh presentase rata-rata 70% (B), meningkat pada siklus II menjadi 90% (SB). Hasil pengamatan aktivitas siswa siklus I presentase rata-rata 65% (C), meningkat pada siklus II menjadi 85% (SB). Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh presentase rata-rata 75% (B), meningkat pada siklus II menjadi 87% (SB). Dapat disimpulkan bahwa, model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita pecahan di kelas IV SDN.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, soal cerita pecahan, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:49 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21141 |