Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbantuan GeoGebra Classroom pada Materi Dimensi Tiga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik

Putri, Nella Dwi (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbantuan GeoGebra Classroom pada Materi Dimensi Tiga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_NELLA_DWI_PUTRI_17029069_4749_2021.pdf] Text
B1_01_NELLA_DWI_PUTRI_17029069_4749_2021.pdf

Download (14MB)

Abstract

Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis
peserta didik pada materi dimensi tiga masih rendah. Salah satu penyebabnya
adalah visualisasi pada LKPD yang digunakan masih kurang sehingga peserta didik
tidak bisa melakukan eksplorasi dengan mudah. Oleh sebab itu, dikembangkan
LKPD berbantuan GeoGebra Classroom pada materi dimensi tiga, yang diharapkan
dapat optimal membantu pemahaman konsep matematis peserta didik.
Penelitian ini dikategorikan penelitian pengembangan (research and
development) dengan berbantuan model Plomp. Pada tahap investigasi awal
(preliminary research) dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis
konsep, dan analisis peserta didik. Pada tahap pembentukan prototipe (prototyping
stage), LKPD yang telah dirancang dilakukan evaluasi sendiri (self evaluation),
dilanjutkan penilaian pakar/ahli (expert review) oleh tiga orang validator, kemudian
diujicobakan secara evaluasi satu-satu (one to one evaluation) dan uji coba
kelompok kecil (small group) kepada peserta didik kelas XII IPA 1. Uji kepraktisan
dan keefektivan LKPD dilakukan pada tahap small group. Data penelitian
dikumpulkan melalui wawancara, daftar check list, angket validitas dan
praktikalitas, analisis hasil kerja peserta didik, dan hasil tes pemahaman konsep
matematis peserta didik. Data yang terkumpul dilakukan analisis secara deskriptif.
Penelitian ini menghasilkan LKPD berbantuan GeoGebra Classroom pada
materi dimensi tiga yang valid dengan karakteristik: materi pada LKPD mengacu
pada kurikulum 2013; kegiatan pembelajaran pada LKPD memuat indikator
pemahaman konsep matematis; LKPD berbantuan bahasa yang mudah dipahami
dan ukuran font yang jelas dan dapat dibaca; desain LKPD menarik dari segi tata
letak, font, warna, dan gambar; dan fitur geogebra membantu peserta didik untuk
mengeksplorasi pengetahuannya. Selain itu, LKPD juga praktis dengan
karakteristik: LKPD mudah digunakan dengan adanya petunjuk yang jelas dan
mudah dipahami serta ukuran font yang jelas; LKPD mudah diakses dan dapat
memotivasi untuk belajar; kegiatan, perintah, permasalahan maupun materi pada
LKPD jelas dan mudah dipahami; kombinasi warna tampilan objek 3D pada applet
geogebra membuat pembelajaran menjadi menarik; waktu dalam mengerjakan
LKPD efisien; dan peserta didik sangat terbantu dengan LKPD dalam memahami
materi dimensi tiga. LKPD dinyatakan cukup efektif berdasarkan analisis rata-rata
hasil post test pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:47
Last Modified: 13 Aug 2025 02:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21126

Actions (login required)

View Item
View Item