Zulfahmi, Zulfahmi (2017) Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi dengan Model Pendekatan PAIKEM bagi Siswa Kelas V SDN 01 Koto Balingka Kecamatan Koto Balingka. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_ZULFAHMI_58328_012_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_ZULFAHMI_58328_012_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_ZULFAHMI_58328_012_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan membaca puisi siswa. Hal ini dikarenakan siswa yang belum terampil dalam membaca puisi yang baik dan benar dan kurangnya kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran membaca puisi. Tujuan penelitian ini adalah peningkatkan kemampuan membaca puisi dengan model pendekatan PAIKEM bagi siswa kelas V SDN 01 Koto Balingka Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 01 Koto Balingka Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, berjumlah 25 orang.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I prabaca rata-rata nilai 69,4 meningkat menjadi 81,5 pada siklus II, pada siklus I saat baca rata-rata nilai 66,3 meningkat menjadi 76,6 pada siklus II, pada siklus I pascabaca rata-rata mendapat nilai 62,6 meningkat menjadi 74,9 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca puisi dengan model pendekatan PAIKEM bagi siswa kelas SDN 01 Koto Balingka.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca puisi, Model pendekatan PAIKEM |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:46 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21124 |