Maiyul, Desri PD (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas IV SDN 08 Koto Parik Gadang Diateh Kab. Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DESRI_MAIYUL_PRAJA_DERI_93627_658_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_DESRI_MAIYUL_PRAJA_DERI_93627_658_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DESRI_MAIYUL_PRAJA_DERI_93627_658_2012.pdf
Download (684kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan menemukan masalah bahwa pembelajaran IPS kurang tepat dalam menerapkan pendekatan yang cocok pembelajaran guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, kurang melibatkan siswa untuk belajar mandiri dalam kelompok, kurang memberikan kesempatan untuk bekerjasama dalam kelompok, sehingga hasil belajarnya rendah. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS dilakukan PTK dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD.
Jenis penelitian ini adalah PTK dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe STAD. Pendekatan pembelajaran ini terdiri dari enam langkah pembelajaran, dimulai dari penyajian materi oleh guru, kegiatan belajar kelompok, pemeriksaan hasil kerja kelompok, tes secara individual, pemeriksaan hasil tes, dan penghargaan kelompok. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 08 Koto Parik Gadang Diateh Kab. Solok Selatan, dengan jumlah siswa 24 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama dua minggu yang terdiri dari dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertama dan siklus II satu kali pertemuan.
Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian kognitif, afektif dan psikomotor, serta lembaran pengamatan rencana pelaksanaan pembelajaran, Pengamatan guru dan siswa dengan penggunaan pendekatan kooperatif tipe STAD. Hasil penilaian pada siklus I pertemuan I diperoleh 66,4. Hasil pengamatan rencana pelaksanaan pembelajaran, kegiatan guru dan siswa diperoleh 67%. Hasil penilaian pada siklus I pertemuan II diperoleh 66,4. Hasil pengamatan rencana pelaksanaan pembelajaran diperoleh 75% , kegiatan guru diperoleh 71 dan siswa diperoleh 67% . Hasil penilaian pada siklus II diperoleh 81. Hasil pengamatan rencana pelaksanaan pembelajaran diperoleh 96% , kegiatan guru diperoleh 92% dan siswa diperoleh 82% Sedangkan Hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe STAD pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata pada siklus I diperoleh rata-rata 69 dan pada siklus II rata-rata 81. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan Kooperataif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 08 Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, IPS, STAD, pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:45 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21115 |