Hastuti, Hastuti (2013) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Kontruktivisme di Kelas IV SD Negeri 07 Pulau Air Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HASTUTI_95523_3776_2013.pdf [thumbnail of B1_6_HASTUTI_95523_3776_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HASTUTI_95523_3776_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi dari kenyataan proses pembelajaran berpusat pada guru dan tidak melakukan percobaan sehingga hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 07 Pulau Air rendah. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran IPA dilaksanakan secara konvensional dan berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme di kelas IV Negeri 07 Pulau Air. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru, dan siswa kelas IV SD Negeri 07 Pulau Air. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian RPP pada siklus I diperoleh 75% (cukup) siklus II 85.7% (baik). Pengamatan pada aspek guru siklus I diperoleh 73.2% (cukup) meningkat menjadi 92.8% (sangat baik) pada siklus II, dan pengamatan aspek siswa pada siklus I diperoleh 69.7% (cukup) meningkat menjadi 87.5% (sangat baik). Serta hasil belajar pada siklus I aspek kognitif 74.7, afektif 75.4, dan psikomotor 77.0. Meningkat pada siklus II aspek kognitif 81.1, afektif 82.0, dan psikomotor 83.2. Dengan demikian pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 07 Pulau Air Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:00 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21094 |