Motivasi Siswa Mengikuti Pengembangan Diri Seni Tari di SD Negeri 09 Surau Gadang Nanggalo Padang

Hasnidar, Hasnidar (2013) Motivasi Siswa Mengikuti Pengembangan Diri Seni Tari di SD Negeri 09 Surau Gadang Nanggalo Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HASNIDAR_1107954_3006_2013.pdf] Text
B1_6_HASNIDAR_1107954_3006_2013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana motivasi siswa dalam mengikuti Pengembangan Diri Seni Tari di SD Negeri 09 Surau Gadang Nanggalo Padang. Motivasi merupakan salah satu faktor yang mendukung kesuksesan dalam satu pekerjaan, dan memiliki arti penting bagi kehidupan manusia. Pada dasarnya motivasi terdiri dari dua jenis, yaitu motivasi Instrinsik dan Ekstrinsik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi pustaka sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data yang berupa angka-angka, dari daftar penelitian motivasi siswa dalam mengikuti pengembangan diri seni tari dan dijadikan dalam bentuk persentase.
Dari hasil observasi di peroleh motivasi siswa dalam mengikuti pengembangan diri seni tari yang memiliki indicator disiplin, tanggung jawab dan partisipasi, menunjukkan bahwa siswa yang disiplin terhadap kegiatan pengembangan diri seni tari tergolong baik, selanjutnya siswa yang bertanggung jawab dalam pengembangan diri seni tari termasuk dalam kategori baik dan siswa yang berpartisipasi terhadap kegiatan pengembangan diri seni tari juga termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa persentase motivasi siswa terhadap pengembangan diri seni tari di SD Negeri 09 Surau Gadang Nanggalo Padang tergolong motivasi baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 13 Aug 2025 01:58
Last Modified: 13 Aug 2025 01:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21080

Actions (login required)

View Item
View Item