Fadhillah, Zatiyah Ulfa (2020) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Faktor dan Kelipatan di Kelas IV SDN Gugus III Koto Tangah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_ZATIYAH ULFA FADHILLAH_16129441_4271_2020.pdf [thumbnail of final_B1_06_ZATIYAH ULFA FADHILLAH_16129441_4271_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_ZATIYAH ULFA FADHILLAH_16129441_4271_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh guru belum pernah menerapkan
pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) serta rendahnya
hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu
pengaruh penggunaan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia
(PMRI) terhadap hasil belajar faktor dan kelipatan di kelas IV SD.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment)
dengan rancangan penelitian adalah nonequivalent control group design. Teknik
sampel yang digunakan teknik purposive sampling dengan sampel siswa kelas IV
SDN 01 Koto Tangah sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa dan kelas
IV SDN 02 Koto Tangah sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 siswa. Data
hasil belajar faktor dan kelipatan dikumpulkan dengan instrumen tes hasil belajar
dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data dianalisis secara
deskriptif menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis
menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil perhitungan data penelitian yang digunakan adalah uji-t yang didahului
dengan uji prasyarat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dinyatakan
kelompok eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen.
Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung 8,44 sedangkan ttabel pada
taraf signifikan α 0,05 adalah 1,68, sehingga thitung > ttabel.. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok,
dengan begitu terbukti bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik
Indonesia (PMRI) berpengaruh positif terhadap hasil belajar faktor dan kelipatan
di kelas IV SD Gugus III Koto Tangah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 01:57 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 01:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21078 |