Strategi Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 35 Padang

Ramadhani, Maziyah (2019) Strategi Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 35 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_Maziyah_Ramadhani_15023158_3650_2019.pdf] Text
final_B1_06_Maziyah_Ramadhani_15023158_3650_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan strategi yang dilakukan dalam Pembelajaran Seni Budaya Khususnya Pada Materi Ajar Seni Tari di SMP Negeri 35 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Jenis pengumpulan data menggunaan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran seni tari di SMP Negeri 35 Padang belum terlaksana dengan baik dan belum mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal karena strategi yang digunakan belum diterapkan sepenuhnya. Hal ini disebabkan karena guru kurang menguasai materi dan penyampaian materi yang kurang menarik sehingga membuat siswa menjadi bosan dan tidak focus pada pembelajaran tersebut. Pemilihan metode yang tepat merupakan suatu rencana agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. guru lebih cenderung menggunakan metode ceramah saja. Terdapat keuntungan bagi sekolah yang memiliki kelengkapan sarana dan prasarana. Pertama, kelengkapan sarana dan sarana dapat menumbuhkan gairah dan motivasi guru mengajar. Kedua, kelengkapan sarana dan prasarana dapat memberikan berbagai pilihan pada siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN SENI TARI
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:27
Last Modified: 12 Aug 2025 09:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21027

Actions (login required)

View Item
View Item