Zainuddin, Zainuddin (2017) Peningkatan Hasil Belajar Mengubah Pecahan ke Persen dan Desimal Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning di Kelas V SDN 01 Bandar Buat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_ZAINUDDIN_1308808_4990_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_ZAINUDDIN_1308808_4990_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_ZAINUDDIN_1308808_4990_2017.pdf
Download (913kB)
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mengubah pecahan ke persen dan desimal di SDN 01 bandar buat, karena kurang kreatifnya guru dalam membuat perencanaan pembelajaran dan pendekatan yang digunakan guru saat proses pembelajaran kurang tepat. Akibatnya hasil belajar siswa mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal belum tercapai seperti yang diharapkan. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar mengubah pecahan ke persen dan desimal dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning.
Jenis penelitian ini adalah PTK terdiri dari dua siklus dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tes, peningkatan hasil belajar siswa. Analisa data menggunakan model analisa data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan, pendekatan CTL dapat memperbaiki proses dan hasil belajar siswa dalam mengubah pecahan kepersen dan desimal. peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan II sebagai berikut: Penilaian RPP,memperoleh rata-rata 85.71% dengan kualifikasi (B) meningkat 92.85% kualifikasi (SB). Penilaian aspek guru dari nilai 76.78% dengan kualifikasi baik (B) meningkat 91,06% dengan kualifikasi sangat baik (SB). dan siswa dari 76,78% dengan kualifikasi baik (B) meningkat 91,06% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Peningkatan hasil belajar siswa dari 76,45% dengan kualifikasi kurang (B) meningkat 84,62% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dengan demikian dapat disimpulkan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, NContextual Teaching and Learning (CTL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:27 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 09:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21025 |