Awaliyah, Zaini (2021) Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar Penyajian Data di Kelas V Gugus I Pariaman Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_ZAINI_AWALIYAH_17129447_4746_2021.pdf [thumbnail of final_B1_06_ZAINI_AWALIYAH_17129447_4746_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_ZAINI_AWALIYAH_17129447_4746_2021.pdf
Download (675kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika yang diperoleh peserta didik di SDN Gugus I Pariaman Utara karena belum maksimal menggunakan pendekatan pembelajaran inovatif yang sesuai dengan materi dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu diperlukan suatu pendekatan yang mampu menjadian kegiatan pembelajaran lebih nyata dan bermakna. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar penyajian data Kelas V Gugus I Pariaman Utara.
Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan hasil dari beberapa pertimbangan didapatkan sampel siswa kelas V SD Negeri 10 Cubadak Air dan siswa kelas V SD Negeri 11 Cubadak Air Utara. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap hasil belajar penyajian data di kelas V Gugus I Pariaman Utara. Hal ini dibuktikan dari hasil ujit dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung = 2,3093 > 2,063899 Hasil belajar penyajian data yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean kelompok kontrol = 78,59 dan mean yang diperoleh kelompok eksperimen = 86,95. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Hasil Belajar, Penyajian Data. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:26 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 09:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21019 |