Meningkatkan Hasil Belajar Praktek Rekorder dengan Model Cooperative Learning di Kelas VIII SMPN 2 Palupuh

Desniwati, Desniwati (2016) Meningkatkan Hasil Belajar Praktek Rekorder dengan Model Cooperative Learning di Kelas VIII SMPN 2 Palupuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DESNIWATI_4974_1403062_2016.pdf] Text
final_B1_6_DESNIWATI_4974_1403062_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan dengan tujuan penelitian menjelaskan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model cooperative learning pada mata pelajaran Seni Budaya (seni musik). Metodologi penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data diperoleh dalam penelitian ini, dianalisis dengan menggunakan analisis data, data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, catatan lapangan, dengan langkah-langkah: pengumpulan data, produksi data, display data. Penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik kelas VIII SMP N 2 Palupuh. Masalah yang dipecahkan berasal dari praktek pembelajaran ansambel tentang Rekorder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. PTK ini terdiri atas 2 siklus. Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model Cooperative Learning terlihat peserta didik menunjukan respon positif, hal ini terlihat dari semangat peserta didik sewaktu praktek. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan penerapan model Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran praktek musik di kelas VIII SMP N 2 Palupuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Hasil Belajar, Musik Rekorder
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:26
Last Modified: 12 Aug 2025 09:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21018

Actions (login required)

View Item
View Item