Pengaruh Strategi Pembelajaran Siklus 5E Dipandu LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 11 Padang

Rahmi, Jummeri (2014) Pengaruh Strategi Pembelajaran Siklus 5E Dipandu LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 11 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_JUMMERI_RAHMI_54916_5990_2014.pdf] Text
B1_5_JUMMERI_RAHMI_54916_5990_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan seharusnya mampu melibatkan siswa secara aktif dalam bertanya, mengamati, mengerjakan soal, mempresentasikan hasil kerja dan sebagainya. Salah satu alternative untuk meningkatkan keterlibatan siswa adalah merupakan strategi pembelajaran siklus dipandu LKS terhadap hasil belajar Fisika siswa Kelas X SMAN 11 Padang. Tujuan penelitian merupakan arah yang ditujukan dicapai dalam suatu kegiatan penelitian. Dengan alasan ini tujuan penelitian merupakan bagian penting dari penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh strategi pembelajaran siklus dipandu LKS terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 11 Padang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 11 Padang tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, sehingga diperoleh kelas sampel yaitu Kelas sebagai kelas kontrol dan Kelas sebagai kelas eksperimen masing-masing 30 siswa. Teknik analisis data penelitian adalah uji hipotesis melalui uji t pada taraf nyata 5% untuk masing-masing aspek hasil belajar.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran siklus 5E dipandu LKS memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar fisika siswa SMAN 11 Padang pada taraf nyata 5%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUS 5E
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:25
Last Modified: 12 Aug 2025 09:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21005

Actions (login required)

View Item
View Item