Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing di Kelas V SD Negeri 01 Tigo Alua Kecamatan Canduang

Sari, Desni Kartika (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing di Kelas V SD Negeri 01 Tigo Alua Kecamatan Canduang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DESNI_KARTIKA_SARI_95215_2585_2016.pdf] Text
final_B1_6_DESNI_KARTIKA_SARI_95215_2585_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti mengajar siswa kelas V SD Negeri 01 Tigo Alua Kecamatan Canduang pada mata pelajaran IPS, guru cendrung menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran lebih didominasi oleh guru. Guru juga kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam menemukan konsep-konsep dalam pembelajaran. Sehingga rata-rata hasil belajar IPS pada UTS I yaitu 69 belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Siswa yang diambil sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Tigo Alua. Prosedur penelitian ini adalah studi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan rata-rata pada: a) RPP siklus I 75% dengan kualifikasi baik dan siklus II meningkat menjadi 94% dengan kualifikasi sangat baik. b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I 77% dengan kualifikasi baik dan siklus II 93% dengan kualifikasi sangat baik. Pada aspek siswa siklus I 72% dengan kualifikasi baik, dan siklus II 91% dengan kualifikasi sangat baik. c) Hasil belajar siklus I 72 dengan kualifikasi baik dan pada siklus II meningkat menjadi 78 dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Snowball Throwing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:24
Last Modified: 12 Aug 2025 09:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20998

Actions (login required)

View Item
View Item