Desnaini, Desnaini (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas V SD Negeri 35 Parak Karakah Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DESNAINI_09560_2383_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_DESNAINI_09560_2383_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DESNAINI_09560_2383_2012.pdf
Download (151kB)
Abstract
Penelitian berawal dari masalah yang ada di SD Negeri 35 Parak Karakah, Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Masalahnya terdapat pada pencapaian hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 35 Parak Karakah Padang dalam pembelajaran IPA yang sulit dipahami siswa, pendekatan yang digunakan kurang tepat sehingga kriteria ketuntasan minimal pembelajaran IPA tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada kelas V SDN 35 Parak Karakah Kecamatan Padang Timur Kota Padang.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang terdiri atas 4 tindakan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran siklus I adalah 66,1% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 76,7%. Pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I adalah 69,6% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,3%. Pelaksanaan pembelajaran aspek siswa siklus I adalah 62,5% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 78,5%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari ketiga ranah aspek, juga mengalami peningkatan dari siklus I rata-rata 68,9% meningkat menjadi 81,2% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPA dimana dalam penerapannya siswa terlibat langsung dalam menemukan pengetahuan yang bermakna bagi dirinya yang nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa SD Negeri 35 Parak Karakah Kecamatan Padang Timur Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPA, Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:22 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 09:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20986 |