Pengaruh Penerapan Teori Bruner Terhadap Pemahaman konsep Penjumlahan Pecahan Berpenyebut tidak sama di Kelas V SDN 09 Bandar Buat Kota Padang

Kota, Yustina Mardiani (2017) Pengaruh Penerapan Teori Bruner Terhadap Pemahaman konsep Penjumlahan Pecahan Berpenyebut tidak sama di Kelas V SDN 09 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_YUSTINA_MARDIANI_KOTA_1308825_4947_2017.pdf] Text
final_B1_06_YUSTINA_MARDIANI_KOTA_1308825_4947_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama yang dilaksanakan di Sekolah Dasar yang tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan dan memahami sendiri konsep dari pembelajaran ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teori bruner terhadap pemahaman konsep penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama di kelas V SDN 09 bandar buat kota Padang.
Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experimen).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 09 Bandar Buat yang mempunyai masing-masing dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Penentuan kelas kontrol dan eksperimen dilakukan dengan cara diundi kemudian diperoleh kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan teori bruner terhadap pemahaman konsep penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama di kelas V SDN 09 bandar buat kota Padang. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) dieroleh t hitung (2,51) > t tabel (2.01063). Hasil postes yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, yaitu rata-rata kelompok eksperimen 77 sedangkan rata-rata kelompok kontrol 71.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teori Bruner, Pemahaman Konsep, Penjumlahan Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:22
Last Modified: 12 Aug 2025 09:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20983

Actions (login required)

View Item
View Item