Pengaruh LKS IPA Terpadu Mengintegrasikan Nilai Karakter Berbasis TIK pada Materi SBSPZA terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Padang

Ermisa, Jully (2015) Pengaruh LKS IPA Terpadu Mengintegrasikan Nilai Karakter Berbasis TIK pada Materi SBSPZA terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_JULLY_ERMISA_1101399_1823_2015.pdf] Text
B1_5_JULLY_ERMISA_1101399_1823_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran IPA seharusnya dilakukan secara terpadu, namun kenyataan pembelajaran yang ada di lapangan umumnya masih terpisah. Bahan ajar yang digunakan pun masih banyak dalam bentuk cetak dan belum mengintegrasikan nilai karakter. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah menggunakan bahan ajar yang menarik dan interaktif, yaitu LKS IPA terpadu mengintegrasikan nilai karakter berbasis TIK. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh LKS IPA terpadu mengintegrasikan nilai karakter berbasis TIK pada materi SBSPZA terhadap kompetensi siswa kelas VIII SMPN 1 Padang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan desain kelompok kontrol terandomisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel bertujuan. Sampel penelitian adalah kelas VIIIF sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIG sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh berupa tes tulis untuk hasil ranah pengetahuan, lembar observasi untuk hasil ranah sikap, dan lembar kinerja untuk hasil ranah keterampilan. Analisis data tersebut dilakukan melalui uji kesamaan dua rata-rata.
Dari analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh dua hasil penelitian ini. Pertama, kompetensi siswa yang menggunakan LKS IPA Terpadu mengintegrasikan nilai karakter berbasis TIK memperoleh nilai rata-rata pada ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan masing-masing adalah 82,50; 82,87; dan 83,45. Kedua, penggunaan LKS IPA terpadu mengintegrasikan nilai karakter berbasis TIK pada materi SBSPZA memiliki pengaruh yang berarti terhadap kompetensi siswa kelas VIII SMPN 1 Padang pada taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:22
Last Modified: 12 Aug 2025 09:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20982

Actions (login required)

View Item
View Item