Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA N 1 Padang.

Kartini, Julita (2014) Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA N 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_JULITA_KARTINI_54919_862_2014.pdf] Text
B1_5_JULITA_KARTINI_54919_862_2014.pdf

Download (681kB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh masih banyaknya siswa memperoleh
hasil belajarnya dibawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 80, salah satu
penyebabnya karena belum menggunakan bahan ajar yang mengintegrasikan
nilai-nilai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan
bahan ajar bermuatan nilai-nilai karakter dalam model pembelajaran kooperatif
tipe TGT terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMA N 1 Padang. Jenis Penelitian
ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Only
Design dan populasinya semua siswa kelas XI SMA N 1 Padang yang terdaftar
pada Tahun Ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
Purposive Sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA6dan kelas XI IPA7.
Instrumen penelitian berupa tes akhir tertulis untuk hasil belajar ranah kognitif,
lembar observasi untuk hasil belajar ranah afektif, dan rubrik penskoran untuk
hasil belajar ranah psikomotor. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan
dua rata-rata yaitu uji t pada taraf nyata 0,05 untuk hasil belajar ranah kognitif,
afektif, dan psikomotor. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil belajar ranah
kognitif secara rata-rata di kelas eksperimen adalah 85,53 dan di kelas kontrol
adalah 76,68. Hasil belajar ranah afektif secara rata-rata di kelas eksperimen
adalah 70,63dan di kelas kontrol adalah 58,36. Hasil belajar ranah psikomotor
secara rata-rata di kelas eksperimen adalah 82,08 dan di kelas kontrol adalah
77,38. Perhitungan uji kesamaan dua rata-rata denganuji t diperoleh pada ranah
kognitif, afektif, dan, psikomotor nilai ttabel untuk setiap ranah adalah 2,00. thitung
pada ranah kognitif adalah 4,66, pada ranah afektif 10,05,dan pada ranah
psikomotor 7,02.Berarti pada ketiga ranah diperoleh ttabel<thitungs ehingga hipotesis
dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Jadi, hasil penelitian menunjukkan terdapat
pengaruh yang berarti pada penggunaan bahan ajar bermuatan nilai-nilai karakter
dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar fisika kelas
XI SMA N 1 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:21
Last Modified: 12 Aug 2025 09:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20978

Actions (login required)

View Item
View Item