Desmirah, Desmirah (2012) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DESMIRAH_95508_4806_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_DESMIRAH_95508_4806_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DESMIRAH_95508_4806_2012.pdf
Download (546kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti di SD Negeri 23 Pasir Sebelah, dalam mengajarkan operasi hitung campuran, diperoleh hasil belajar hitung campuran masih rendah. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning ini adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran yang pembelajarannya akan lebih bermakna jika siswa bekerja dan mengalami sendiri apa yang dipelajarinya, bukan sekedar mengetahuinya. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning pada pembelajaran operasi hitung campuran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, tes awal dan tes akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD terteliti yang berjumlah 30 orang.
Hasil tes pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata siswa mencapai 67 dan pada siklus II pertemuan II dengan rata-rata 68,5, sedangkan tes akhir siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 75,5. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi operasi hitung campuran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Operasi hitung, CTL, SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:21 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 09:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20971 |