Hubungan antara Number Sense dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa SD di Kota Bukittinggi

Dina, Indri Bella (2020) Hubungan antara Number Sense dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa SD di Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_8_INDRI_BELLA_DINA_1501156_343_2020.pdf] Text
final_B1_8_INDRI_BELLA_DINA_1501156_343_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara number sense dengan kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 109 orang. Berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa tidak terdapat hubungan antara number sense dengan kemampuan pemecahan masalah matematika. Terbukti dari hasil uji hipotesis didapatkan nilai r sebesar 0,128 dan p = 0,183 (p > 0,01). Pemahaman siswa mengenai bilangan dan operasinya serta mampu menggunakannya dengan fleksibel tidak menentukan keberhasilan usaha mencari jalan keluar dari satu kesulitan matematika. Secara umum tingkat pemecahan masalah pada pelajaran matematika siswa sekolah dasar di Kota Bukittinggi pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: number sense, pemecahan masalah, matematika, siswa SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:20
Last Modified: 12 Aug 2025 09:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20958

Actions (login required)

View Item
View Item