Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model TGT di Kelas IV SDN 04 Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota

Sari, Desmila (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model TGT di Kelas IV SDN 04 Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DESMILA_SARI_54230_3180_2015.pdf] Text
final_B1_6_DESMILA_SARI_54230_3180_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kondisi pembelajaran PKn yang rendah. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih mendominasi selama proses pembelajaran berlangsung, guru belum mampu merangsang dan memotivasi siswa untuk mengemukakan pendapat atau gagasannya, serta guru yang belum mampu memaksimalkan partisipasi siswa baik yang berkemampuan tinggi, sedang maupun rendah dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn masih rendah. Salah satu model yang dapat digunakan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah model TGT. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 04 Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) perencanaan siklus I dengan persentase 75% meningkat di siklus II dengan persentase 89,28%, b) pelaksanaan aspek guru siklus I persentasenya 80 %, siklus II menjadi 89,28 % dan aspek siswa pada siklus I dengan persentase 76,78 %, dan meningkat pada siklus II menjadi 89,28% c) hasil belajar siswa siklus I persentasenya 73,41 dan siklus II meningkat menjadi 87,15. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PKn, Model TGT, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:19
Last Modified: 12 Aug 2025 09:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20955

Actions (login required)

View Item
View Item