Yetri, Juli (2012) Pengaruh Penerapan LKS Berbasis Konstruktivisme terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP N 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_JULI YETRI_66953_2012.pdf [thumbnail of B1_5_JULI YETRI_66953_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_JULI YETRI_66953_2012.pdf
Download (440kB)
Abstract
Pembelajaran fisika merupakan salah satu pembelajaran yang menarik,
namun di lapangan pembelajaran fisika masih dianggap pembelajaran yang
membosankan. Ini disebabkan siswa tidak bisa membangun konsepnya sendiri
sehingga hasil belajar siswa rendah. Penyebabnya diduga guru sering
menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang
dapat dilakukan untuk membangun konsep siswa sendiri dengan menggunakan
LKS berbasis konstruktivisme terhadap hasil belajar fisika siswa SMP N 4 Padang.
Penelitian ini bertujuan agar siswa bisa membangun konsepnya sendiri sehingga
meningkatkan hasil belajar.
Jenis penelitian adalah penelitian Quasi Eksperimental dengan rancangan
penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian
adalah semua siswa kelas VIII SMP N 4 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran
2009/2010. Sampel merupakan bagian dari populasi yang akan diambil sebagai
sumber data yang mewakili seluruh populasi. sampel diambil menggunakan
teknik cluster random sampling, kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas
VIII3 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian adalah hasil belajar pada ranah
kognitif, afektif dan psikomotor.
Instrumen pengumpul data pada ranah kognitif adalah soal objektif
sebanyak 30 soal yang dilakukan pada akhir pembelajaran. Pada ranah afektif
digunakan lembar observasi. Sedangkan pada ranah psikomotor digunakan rubrik
penskoran.
Hasil penelitian adalah hasil belajar rata-rata pada ranah kognitif, ranah
afektif, dan ranah psikomotor. Pada ranah kognitif didapat hasil belajar rata-rata
pada kelas eksperimen adalah 70,78 dan kelas kontrol adalah 62,78. Setelah itu
dilakukan uji t, diperoleh th = 3,45 dan tt = 2,00 dimana (th > tt). Pada ranah
afektif didapat hasil belajar rata-rata afektif pada kelas Eksperimen adalah 75,93
dan kelas kontrol adalah 68,73. Pada ranah psikomotor didapat hasil belajar ratarata
pada kelas eksperimen adalah 86,11 dan kelas kontrol adalah 77,25. Setelah
itu dilakukan uji t diperoleh th = 4,71 dan tt = 2,00 dimana (th > tt). Hal ini berarti
hipotesis yang mengatakan pengaruh LKS berbasis konstruktivisme terhadap
hasil belajar fisika siswa SMP N 4 Padang dapat diterima pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENERAPAN LKS BERBASIS KONSTRUKTIVISME |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 07:39 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 07:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20954 |