Sofiani, Veni (2013) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_VENI_SOFIANI_96954_5489_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_VENI_SOFIANI_96954_5489_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_VENI_SOFIANI_96954_5489_2013.pdf
Download (793kB)
Abstract
Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) atau Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran di SMA. Pada model ini pembelajaran akan dimulai dengan penyajian suatu permasalahan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam proses penemuan konsep sendiri. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui Apakah model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa untuk pokok bahasan Sistem Koloid pada siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “Randomized Control Group Only Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 5 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/ 2013. Pada penelitian ini, terpilihlah dua kelas sebagai sampel dari lima kelas yang ada. Data penelitian ini merupakan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif yang diperoleh dari nilai tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian terlihat perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) atau Pembelajaran Berbasis Masalah dengan rata-rata 84,1 lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa tanpa menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan rata-rata 77,45. Dari hasil uji-t menunjukkan pada taraf nyata 0,05 harga t hitung = 5.3863 dan harga ttabel = 1,67. thitung > ttabel berarti hipotesis penelitian dinyatakan diterima, jadi dapat disimpulkan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan secara signifikan hasil belajar kimia siswa pada materi pembelajaran Sistem Koloid di SMA Negeri 5 Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Pembelajaran Berbasis Masalah, Sistem Koloid, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 07:38 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 07:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20951 |