Desmayeti, Desmayeti (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle di Kelas V SDN 09 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DESMAYETI_57183_930_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_DESMAYETI_57183_930_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DESMAYETI_57183_930_2014.pdf
Download (515kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi akibat tidak mampunya guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 09 V Koto Timur. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan Model Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle di kelas V SDN 09 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman.
Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa di kelas V SDN 09 V Koto Timur Padang Pariaman, yang berjumlah 14 orang siswa. Pendekatan yang dipakai yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Penelitian ini meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Data penelitian berupa data rencana pembelajaran, data aktivitas guru, data aktivitas siswa, dan tes hasil belajar.
Hasil penelitian siklus I pada RPP dengan persentase 83% meningkat pada siklus II menjadi 89%, tahap pelaksanaan siklus I dari aspek guru dengan persentase 72% meningkat pada siklus II menjadi 86%, dari aspek siswa pada siklus I dengan persentase 69% meningkat pada siklus II menjadi 84% dan hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 72 meningkat pada siklus II menjadi 80. Dari data tersebut terlihat bahwa model Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, IPS, Cooperative Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 07:37 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 07:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20942 |