Helfiza, Veny (2013) Penerapan Problem Solving pada Strategi Think Pair Share dalam Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI SMAN 2 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_VENY_HELFIZA_12845_4010_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_VENY_HELFIZA_12845_4010_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_VENY_HELFIZA_12845_4010_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Materi kelarutan dan hasil kali kelarutan termasuk materi yang sulit bagi siswa karena menuntut siswa untuk memahami keterkaitan antara konsep dengan rumus yang digunakan dalam perhitungan, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah melalui problem solving pada strategi think pair share (TPS). Untuk melihat pengaruh strategi ini, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa melalui penerapan problem solving pada strategi TPS dengan tanpa problem solving pada strategi TPS dalam materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan “Randomized Control Group Only Design”, sebagai populasi adalah siswa kelas XI IPA SMAN 2 Bukittinggi tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 4 kelas. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas terhadap data populasi, diperoleh kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 terdistibusi normal dan homogen dengan teknik random sampling terpilih kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes di akhir penelitian. Dari hasil tes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 (70,13) lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 2 (64,59). Hasil uji normalitas dan homogenitas dari hasil tes akhir didapat bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan homogen. Analisis data dilakukan dengan uji-t pada taraf nyata 0,05 dan derajat kebebasan 74 diperoleh thitung = 1,41 dan ttabel = 1,67. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan problem solving pada strategi TPS tidak berbeda secara signifikan dibanding dengan tanpa problem solving pada strategi TPS.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Think Pair Share, Problem Solving, Hasil Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 07:36 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 07:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20938 |