Studi Komparatif Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kolaboratif Think Pair Share dengan Konvensional Pada Pelajaran Mesin Bantu Kelas XII Teknika Kapal Niaga SMK Negeri 10 Padang 2018

Saputra, Pebri Gandi (2019) Studi Komparatif Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kolaboratif Think Pair Share dengan Konvensional Pada Pelajaran Mesin Bantu Kelas XII Teknika Kapal Niaga SMK Negeri 10 Padang 2018. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_PEBRI_GANDI_SAPUTRA_ 757_14067061_2019.pdf] Text
final_B1_7_PEBRI_GANDI_SAPUTRA_ 757_14067061_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran yang membosankan membuat siswa menjadi malas sehingga membuat hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kolaboratif think pair share dengan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol (konvensional) dan kelas eksperimen (TPS) pada mata diklat Mesin Bantu Siswa Kelas XII Jurusan Teknika Kapal Niaga SMK Negeri 10 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Teknika Kapal Niaga tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini keseluruhan siswa kelas XII Teknika Kapal Niaga berjumlah 24 orang. Pengambilan data penelitian dilakukan melalui tes tertulis yaitu pre test dan post test. Analisis data uji normalitas dan uji homogenitas serta perbandingan model menggunakan uji hipotesis, data yang dikumpul tersebut dianalisis secara statistik dengan bantuan komputer program SPSS versi 24:00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kolaboratif think pair share dengan model pembelajaran konvensional. Terlihat diperoleh skor pada kelas eksperimen memiliki nilai pre test rata-ratanya 54,333. Post tets 78,333 dan model pembelajaran konvesional memiliki nilai pre test rata-ratanya 46,666 Post test 65,333. Perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana pre test t hitung adalah 0,626 dan meningkat setelah diberikan perlakuan sehingga pos test memiliki t hitung menjadi 2,143. Dari hasil belajar kognitif siswa dengan metode think pair share dengan metode pembelajaran konvesional mempunyai perbedaan skor hasil belajar siswa secara signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dari hasil nilai pos test yaitu 0,043 dan 0,044. Terdapat peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi menggunakan model pembelajaran think pair share dibandingkan model pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Think Pair Share, Konvesional, Siswa, Mesin Bantu
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Putra Albestin
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:36
Last Modified: 12 Aug 2025 07:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20934

Actions (login required)

View Item
View Item