Sari, Hat Novita (2016) Pengembangan Modul Konsep Mol dan Perhitungan Kimia Berbasis Discovery Learning untuk Kelas X SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_08_HAT_NOVITA_SARI_1201479_6207_2016.pdf [thumbnail of final_B1_08_HAT_NOVITA_SARI_1201479_6207_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_08_HAT_NOVITA_SARI_1201479_6207_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Konsep mol dan perhitungan kimia merupakan materi pelajaran kimia SMAkelas X semester 2 yang sulit dipahami oleh sebagian siswa. Untuk memahamimateri ini guru perlu menerapkan suatu model pembelajaran yang mengarahkansiswa menemukan konsep sendiri sehingga pengetahuan yang didapat mudahdiingat dan bertahan lama dalam ingatan siswa. Salah satu model yang dapatditerapkan adalah model discovery learning. Untuk mengimplementasikan modelini diperlukan bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritissiswa. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah modul berbasisdiscovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul konsepmol dan perhitungan kimia berbasis discovery learning dan menguji validitas danpraktikalitas modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitianResearch and Development (R&D) dan model pengembangan yang digunakanadalah model 4-D yang terdiri dari 4 tahap; (1) define (pendefinisian), (2) design(perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) disseminate (penyebaran).Penelitian ini baru dilakukan sampai tahap develop (uji validitas dan ujipraktikalitas). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuklembar validitas dan praktikalitas. Lembar validitas diisi oleh 5 orang dosenjurusan kimia dan 3 orang guru kimia. Lembar praktikalitas diisi oleh 3 orangguru kimia dan 30 orang siswa kelas X SMAN 3 Padang. Analisis data dilakukandengan menggunakan formula Kappa Cohen. Hasil uji validitas diperoleh rata-ratamomen kappa sebesar 0,76 dengan kategori kevalidan tinggi. Hasil ujipraktikalitas oleh guru dan siswa diperoleh rata-rata momen kappa sebesar 0,65dan 0,67 dengan kategori kepraktisan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa modul konsep mol dan perhitungan kimia berbasis discoverylearning valid dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran kimia kelas XSMA/MA.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERHITUNGAN KIMIA, BERBASIS DISCOVERY LEARNING, KONSEP MOL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 07:36 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 07:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20932 |