Meningkatkan Hasil Belajar Tari Siswa Menggunakan Media Auditif di SMP Negeri 25 Padang

Haryono, Haryono (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Tari Siswa Menggunakan Media Auditif di SMP Negeri 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HARYONO_14023099_4537_2018.pdf] Text
B1_6_HARYONO_14023099_4537_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya penguasaan siswa
terhadap suatu materi pembelajaran yang akan mengakibatkan sebagian besar
hasil belajar tari siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di
kelas VIII.4 SMP Negeri 25 Padang. Salah satu faktor yang mempengaruhi
rendahnya hasil belajar siswa adalah penerapan media pembelajaran yang belum
mampu menuntut peran aktif siswa. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian
dengan menerapkan media auditif untuk melihat hasil belajar tari siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 25
Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 32 orang
siswa. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data dengan menggunakan tes
hasil belajar berupa posttest di akhir setiap siklus dan lembar observasi. Data yang
diperoleh tersebut dianalisis menggunakan rumus ketuntasan belajar klasikal.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa terjadi peningkatan jumlah
siswa pada setiap siklusnya yang memperoleh nilai 70 keatas (sesuai dengan
kriteria keberhasilan tindakan) pada pembelajaran siklus I terdapat 20 orang
(62.50%) dan 12 orang (37.50%) yang masih memperoleh nilai dibawah 70.
Untuk siklus II, jumlah siswa memperoleh nilai diatas 70 meningkat menjadi 25
orang (81.25%) dan siswa yang memperoleh nilai dibawah 70 menurun menjadi 7
orang (18.75%), artinya hasil belajar tari siswa mengalami peningkatan. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media auditif dapat meningkatkan
hasil belajar tari siswa di SMP Negeri 25 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:55
Last Modified: 12 Aug 2025 06:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20921

Actions (login required)

View Item
View Item