Sryus, Febby Firdichia (2017) Pelaksanaan Pembelajaran Pianika Kelas XI IPA 3 pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA N 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_FEBBY_FIRDICHIA_SRYUS_1202851_1239_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_FEBBY_FIRDICHIA_SRYUS_1202851_1239_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_FEBBY_FIRDICHIA_SRYUS_1202851_1239_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah pelaksanaan
pembelajaran pianika kelas XI IPA 3 pada mata pelajaran seni budaya di SMA N
12 Padang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA N 12
Padang. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan
menggunakan instrumen pendukung seperti aplikasi perekam, kamera foto dan
buku
tulis.
Teknik
pengumpulan
data
dilakukan
dengan
cara
observasi/pengamatan, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Langkah
langkah yang dilakukan dalam menganalisa data yaitu melalui 5 tahapan kegiatan
yaitu
mengumpulkan data, mengidentifikasi data, mengklarifikasi data,
mendeskripsikan data dan pembahasan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP dalam bentuk
pengajaran lebih difokuskan pada praktek. Dan teori yang disampaikan kepada
siswa hanya sedikit saja yang berhubungan dengan praktek musik yang diajarkan
oleh guru. Tes dilaksanakan pada tes tertulis dan tes praktek. Sedangkan metode
yang digunakan ada empat metode yaitu: metode ceramah, metode penugasan,
metode tanya jawab dan metode demonstrasi. Media pembelajaran yang
seharusnya dapat membentuk guru dalam menyampaikan materi pembelajaran
seni musik pianika kurang berjalan dengan baik, karena guru kurang menampilkan
media dalam pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga. Seharusnya guru dapat
menunjukan gambar alat musik pianika jika tidak dapat menunjukan secara
langsung dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pembelajaran di atas
maka dapat penulis simpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran musik pianika XI
IPA 3 di SMA N 12 Padang cukup baik dan memperoleh peningkatan hasil belajar yang signifikan,
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:54 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20911 |