Hubungan Suasana Belajar dalam Kelas dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Las Listrik Dasar pada Program Keahlian Teknik Pengelasan di SMK Negeri 2 Payakumbuh.

Harianto, Harianto (2013) Hubungan Suasana Belajar dalam Kelas dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Las Listrik Dasar pada Program Keahlian Teknik Pengelasan di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_08_Harianto_1108099_1594_2013.pdf] Text
final_B1_08_Harianto_1108099_1594_2013.pdf

Download (557kB)

Abstract

Penelitian ini berasal dari kenyataan di sekolah bahwa terdapat beberapafaktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, di antaranya suasanabelajar yang kurang kondusif, fasilitas dan sarana belajar yang masih belumlengkap, masih ada guru yang belum bisa menumbuhkan semangat siswa dalambelajar, kurang terciptanya hubungan yang harmonis antar siswa di dalam kelas.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan antara suasanabelajar dalam kelas dengan hasil belajar siswa. Hipotesis yang diajukan dalampenelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara suasana belajar dalamkelas dengan hasil belajar siswa kelas X mata pelajatan las listrik dasar programkeahlian teknik pengelasan di SMK Negeri 2 Payakumbuh.Metodologi penelitian ini kuantitatif dengan metode koresional. Populasidalam penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian teknik pengelasantahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 72 orang di SMK Negeri 2 Payakumbuh.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode simple randomsampling, Sampel penelitian 42 orang. Pengambilan data penelitian dilakukandengan menyebarkan angket yang telah di uji validitas dan realibilitasnya,kemudian mencatat hasil belajar siswa. Data yang dikumpul tersebut dianalisissecara statistik dengan bantuan komputer program SPSS versi 16.0 for windows.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwaterdapat hubungan yang signifikan antara suasana belajar dalam kelas denganhasil belajar siswa kelas X mata pelajaran las listrik dasar pada program keahlianteknik pengelasan di SMK Negeri 2 Payakumbuh, hal ini dapat dilihat dari ujihipotesis dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,352 dan dilihat pada Tabel rpada lampiran 10 sebesar 0,304. Karena r hitung > dari r tabel yaitu 0.352 >0.304, dan dapat dinyatakan memiliki hubungan pada taraf kepercayaan 95%.Dengan ini ada beberapa saran yang diajukan pertama untuk Kepala SekolahSMK Negeri 2 Payakumbuh dan para guru khususnya program keahlian teknikpengelasan supaya lebih menerapkan lagi kebijakan untuk pelaksanaan prosesbelajar mengajar disekolah khususnya pada suasana belajar di dalam kelas danuntuk para siswa supaya lebih menciptakan lagi suasana belajar yang kondusifagar dapat mencapai hasil belajar yang baik dan maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SUASANA BELAJAR, HASIL BELAJAR SISWA, PELAJARAN LAS LISTRIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:53
Last Modified: 12 Aug 2025 06:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20907

Actions (login required)

View Item
View Item