Rahmi, Nadya Fadhila (2021) engaruh Metode SQ4R terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IX MTsN 4 Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_NADYA_FADHILA_RAHMI_17016156_2486_2021.pdf [thumbnail of B1_01_NADYA_FADHILA_RAHMI_17016156_2486_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_NADYA_FADHILA_RAHMI_17016156_2486_2021.pdf
Download (5MB)
Abstract
ujuan penelitian ini ada tiga sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan
keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IX MTsN 4 Pesisir Selatan
sebelum menggunakan metode SQ4R. Kedua, mendeskripsikan keterampilan
membaca pemahaman siswa kelas IX MTsN 4 Pesisir Selatan Setelah
menggunakan metode SQ4R. Ketiga, menjelaskan pengaruh metode SQ4R
terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IX MTsN 4 Pesisir
Selatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode yang
digunakan eksperimen. Rancangan yang digunakan yaitu one group pretestposttest
design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN 4 Pesisir
Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri atas 6 kelas,
dengan jumlah 202 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik pirposive
sampling berdasarkan rekomendasi dari guru bahasa Indonesia dan standar deviasi
dari enam kelas tersebut. Data dalam penelitian ini adalah skor dari hasil tes
keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IX MTsN 4 Pesisir Selatan
sebelim dan setelah menggunakan metode SQ4R. Instrumen penelitian yang
digunakan yaitu tes objektif keterampilan membaca pemahaman teks cerita
inspiratif. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata
hitung dan uji-t.
Hasil penelitian ini ada tiga sebagai berikut. Pertama, keterampilan
membaca pemahaman teks cerita inspiratif sebelum menggunakan metode SQ4R
siswa kelas IX MTsN 4 Pesisir Selatan berada pada kualifikasi Hampir Cukup
(HC) dengan rata-rata 48,72. Kedua, keterampilan membaca pemahaman setelah
menggunakan metode SQ4R siswa kelas IX MTsN 4 Pesisir Selatan berada pada
kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan rata-rata 92,31. Ketiga, berdasarkan uji-t,
hipotesis (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1)
karena
thitung>ttabel
yaitu (4,85>1,68). Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima.
Berdasarkan penjelasan tersebut, diketahui bahwa terdapat pengaruh metode
SQ4R yang signifikan terhadap kterampilan membaca pemahaman teks cerita
inspiratif siswa kelas IX MTsN 4 Pesisir Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:51 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20886 |