Pelaksanaan Pembelajaran Ansambel Campuran Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 8 Padang

Awalia, Hartisa (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Ansambel Campuran Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HARTISA_AWALIA_18232003_2270_2023.pdf] Text
B1_6_HARTISA_AWALIA_18232003_2270_2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Ansambel Campuran dalam mata pelajaran Seni Budaya di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 8 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Objek yang diteliti yaitu siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 8 Padang. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis kerja dan handphone. Teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian ada 4 tahapan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan laporan bentuk skripsi.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran ansambel campuran dalam mata pelajaran seni budaya dikelas XI IPS 3 kurang berjalan dengan baik dikarenakan kurangnya kedisiplinan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran, walaupun persiapan materi pembelajaran sudah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru, pembelajaran tetap kurang maksimal dikarenakan faktor kurangnya keseriusan siswa, dan juga terdapat faktor lain seperti terbatasnya insrumen di sekolah, serta banyaknya siswa yang tidak memiliki instrumen pribadi yang membuat proses pembelajran terhambat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PELAKSANAAN, PEMBELAJARAN, ANSAMBEL, CAMPURAN
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Musik-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:51
Last Modified: 12 Aug 2025 06:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20885

Actions (login required)

View Item
View Item