Karmi H, Ella Desyumi (2018) Pengaruh Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Paket Meeting di Parai City Garden Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_ELLA_DESYUMI_KARMI_HADA_14135062_3933_2018.pdf [thumbnail of B1_04_ELLA_DESYUMI_KARMI_HADA_14135062_3933_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_ELLA_DESYUMI_KARMI_HADA_14135062_3933_2018.pdf
Download (3MB)
Abstract
Perkembangan zaman industri perhotelan saat ini tumbuh dengan pesat, sehingga menimbulkan persaingan yang sangat ketat. Agar mampu bertahan ditengah-tengah persaingan tersebut, maka pihak manajemen dituntut untuk mempunyai strategi pemasaran yang tepat sehingga mampu menarik keputusan pembelian konsumen. Salah satunya dengan melakukan advertising untuk memperkenalkan produk dan jasanya kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh advertising terhadap keputusan pembelian paket meeting di Hotel Parai City Garden Kota Sawahlunto.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode asosiatif kausal yang bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh advertising (X) terhadap keputusan pembelian paket meeting (Y) di Hotel Parai City Garden Kota Sawahlunto. Populasi penelitian ini adalah goverment dan corporate yang melaksanakan meeting di Hotel Parai City Garden Kota Sawahlunto yang berjumlah 30 orang responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, yang mana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel, data dalam penelitian ini menggunakan data primer untuk kedua variabel yang diperoleh langsung dari goverment dan corporate melalui kuesioner (angket) yang disusun berdasarkan skala likert yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi dengan bantuan program komputer SPSS versi 16.00.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapat hasil sebagai berikut: (1) Advertising berada pada kategori baik dengan persentase 50%. (2) Keputusan pembelian berada pada kategori baik dengan persentase 80%. (3) Hasil uji hipotesis linear sederhana diperoleh nilai F 40,610 dengan taraf signifikan 0,000<0,05, artinya variabel advertising menjelasakan variabel keputusan pembelian secara signifikan dengan nilai R Square 0,592. Ini artinya advertising mempengaruhi keputusan pembelian paket meeting sebesar 59% dan 41% dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya nilai t sebesar 6,373 dengan taraf signifikan 0,000<0,05, artinya terdapat pengaruh signifikan antara kedua variabel. Untuk regresi linear sederhana diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,484 dengan nilai signifikan 0,000<0,05 artinya setiap peningkatan 1 satuan advertising akan meningkatkan 0,484 satuan keputusan pembelian paket meeting. Maka hipotesis yang diajukan adalah Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel advertising (X) terhadap keputusan pembelian (Y).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADVERTISING, KEPUTUSAN PEMBELIAN, PAKET MEETING |
Subjects: | Hospitality |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:51 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20880 |