Harsalina, Harsalina (2015) Peningkatan Hasil Belajar Menentukan Sifat-sifat Bangun Ruang Sederhana dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SDN 06 Batang Gasan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HARSALINA_1110652_1886_2016.pdf [thumbnail of B1_6_HARSALINA_1110652_1886_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HARSALINA_1110652_1886_2016.pdf
Download (583kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa tentang
menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana di SDN 06 Batang Gasan. Kondisi
ini disebabkan karena pada pembelajaran, guru belum mengaitkan pengalaman
siswa yang berhubungan dengan dunia nyata, sehingga mengakibatkan hasil
belajar siswa rendah. Untuk mengatasi hal tersebut pembelajaran dilakukan
dengan menggunakan pendekatan (CTL). Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar menentukan sifatsifat
bangun ruang sederhana dengan pendekatan CTL dikelas IV SDN 06 Batang
Gasan
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus mengikuti alur
penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data
penelitian diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes. Subjek penelitian adalah
guru dan siswa kelas V .
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan, hal ini dapat dilihat dari penilaian
RPP siklus I pertemuan I 78,57%, dengan kualifikasi cukup, siklus I pertemuan II
85,71% dengan kualifikasi baik. Pada siklus II 92,85% dengan kualifikasi sangat
baik. Aspek guru pada siklus I pertemuan I 78,57% dengan kualifikasi cukup,
pada siklus I pertemuan II 89,28% dengan kualifikasi baik, pada siklus II 92,85%
dengan kualifikasi sangat baik. Aspek siswa pada siklus I pertemuan I 67,85%
dengan kualifikasi kurang, siklus I pertemuan II 78,57 dengan kualifikasi cukup,
siklus II 89,28 dengan kualifikasi baik. Hasil belajar siswa siklus I pertemuan I
69,63 dengan kualifikasi kurang, siklus I pertemuan II 74,75 dengan kualifikasi
cukup. Pada siklus II 90.08 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sifat-sifat bangun ruang sederhana dengan
pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 06 Batang
Gasan Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:50 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20877 |