Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid

Yasmine, Sabrina (2012) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SABRINA YASMINE_05137.pdf] Text
final_B1_7_SABRINA YASMINE_05137.pdf

Download (625kB)

Abstract

Kendala siswa dalam memahami materi pada umumnya adalah kurangnya minat siswa terhadap materi yang diajarkan. Hal ini dikarenakan kurang bervariasinya proses pembelajaran dikelas, sehingga membuat siswa merasa bosan selama proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah di atas dengan menerapkan suatu model pembelajaran tipe Course Review Horay yang dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa sehingga siswa menjadi aktif, kreatif, dan bersemangat selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi Sistem Koloid. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA yang terdaftar pada semester II tahun ajaran 2011/2012 di SMAN I Sungai Limau dan sampel penelitian diperoleh kelas XI A1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI A2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes di akhir penelitian. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay memiliki nilai rata-rata (74,3) yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kelas tanpa menggunakan Course Review Horay yaitu (67,6). Setelah dilakukan analisis, kedua kelas sampel terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, maka uji hipotesisnya adalah uji t. Setelah dilakukan uji-t pada taraf kepercayaan 0,05 didapatkan thitung= 3,26 dan ttabel= 1,70 artinya thitung > ttabel. Ini berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis penelitian diterima, karena (H1) diterima. Dengan kata lain hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran tipe Course Review Horay (CRH) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa (CRH) pada materi Sistem Koloid. Dengan demikian terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa di kelas XI IPA SMAN I Sungai Limau pada materi Sistem Koloid

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, hasil belajar siswa, sistem koloid, pembelajaran kimia, model pembelajaran kooperatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:45
Last Modified: 12 Aug 2025 06:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20854

Actions (login required)

View Item
View Item