Zuhardi, Muhamad (2015) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_MUHAMAD_ZUHARDI_55490_3399_2015.pdf [thumbnail of final_B1_7_MUHAMAD_ZUHARDI_55490_3399_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_MUHAMAD_ZUHARDI_55490_3399_2015.pdf
Download (866kB)
Abstract
Salah satu faktor yang menentukan apakah persepsi siswa itu baik atau tidak terhadap pembelajaran Gambar Teknik adalah dari kegiatan pembelajaran.Kegiatan pembelajaran adalah suatu proses yang bertujuan di mana antara siswa
dan guru sama-sama mengupayakan agar kegiatan pembelajaran memperoleh hasil yang maksimal. Guru merupakan kunci utama yang berperan dalam meningkatkan kualitas individu walaupun sarana dan prasarana, alat bantu kurikulum dan faktor lainnya belum memadai. Dalam proses pembelajaran siswa
sebagai peserta didik harus mengetahui apa yang akan dipelajari dan mengapa hal itu harus dipelajari. Ini semua akan terjawab bila siswa memiliki motivasi yang
tinggi dalam proses pembelajaran. Untuk itu guru harus memiliki strategi dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa walau sesulit apapun mata diklat tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang proses Pembelajaran siswa kelas X SMK N 1 Padang, mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas X SMK N 1 Padang dan untuk mengungkap hubungan persepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X
SMK N 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah proportional random sampling.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disebarkan kepada responden. Angket yang disebarkan telah dilakukan uji validitas isi (content validity) dan validitas butir (construct validity) yang
hasilnya disusun dalam bentuk skala Likert. Teknik analisa data yang dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 20 dengan persyaratan pengujian analisa yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X SMK N 1 Padang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan hasil belajar siswa
kelas X di SMK N 1 Padang. Besarnya hubungan adalah 62% yang dikategorikan pada kategori kuat dengan tingkat pencapaian responden persepsi siswa tentang proses pembelajaran adalah 75,11 % yang dikategorikan cukup baik dan tingkat
pencapaian responden siswa terhadap hasil belajar siswa adalah 73,48 %yang dikategorikan cukup baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:45 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20852 |