Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SD.N Kubang Kec. Guguak Kab. Lima Pulu Kota

Harmonita, Harmonita (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SD.N Kubang Kec. Guguak Kab. Lima Pulu Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HARMONITA_50526_850_2016.pdf] Text
B1_6_HARMONITA_50526_850_2016.pdf

Download (721kB)

Abstract

Guguak Kab Lima Puluh Kota bahwa guru dalam pembelajaran IPS dominasi
menggunakan metode ceramah, kurangnya kegiatan belajar kelompok,
pemeriksaan hasil kerja kelompok dan kurangnya penghargaan kelompok,
sehinnga ketuntasan belajar yang ditetapkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD di kelas IV
SD N 08 Kubang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian
adalah siswa kelas IV SD N 08 Kubang yang berjumlah 17 orang dan guru kelas
IV. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus
II terdiri dari 1 pertemuan. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1).
Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Pengamatan, 4). Refleksi.
Hasil penelitian menunjukan pada : 1) RPP pada siklus 1 pertemuan I
60,71% dengan kualifikasi cukup meningkat menjadi 75% kualifikasi baik pada
siklus I pertemuan II dan pada siklsus II meningkat menjadi 89,28% kualifikasi
sangat baik. 2). Proses pembelajaran dari aspek guru pada siklus I 68,75% dengan
kualifikasi cukup meningkat menjadi 72,91% kualifikasi baik pada siklus I
pertemuan II dan pada siklus II meningkat menjadi 79,16% kualifikasi baik. 3).
Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I 58,33% kualifikasi kurang
meningkat menjadi 70,83% dengan kualifikasi baik pada siklus I pertemuan II dan
pada siklus II meningkat menjadi 81,25% kualifikasi sangat baik. 4). Dengan
demikian, model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dikelas IV SD.N 08 Kubang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:45
Last Modified: 12 Aug 2025 06:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20851

Actions (login required)

View Item
View Item