Kontribusi Motivasi Belajar dan Suasana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Elektronika Mata Pelajaran Teori Dasar Elektronika di SMK Hang Nadim Batam

Putri, Febria Lusiana (2013) Kontribusi Motivasi Belajar dan Suasana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Elektronika Mata Pelajaran Teori Dasar Elektronika di SMK Hang Nadim Batam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_FEBRIA_LUSIANA_PUTRI_06168_5648_2013.pdf] Text
final_B1_06_FEBRIA_LUSIANA_PUTRI_06168_5648_2013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar pada
mata pelajaran Teori Dasar Elektronika (TDE) siswa kelas X teknik elektronika di
SMKHang Nadim Batam, dimana 30% siswa mendapatkan hasil belajar dibawah
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata
pelajaran TDE yaitu 75 dengan rentang nilai 0– 100. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengungkapkan kontribusi motivasi belajar dan suasana belajar terhadap
hasil belajar mata pelajaran TDE siswa kelas X teknik elektronika di SMK Hang
Nadim Batam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bersifat korelasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik
Elektronika SMK Hang Nadim Batam, terdiri dari dua kelas yang berjumlah 40
orang. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dimana sampel adalah
keseluruhan anggota populasi karena subjeknya kurang dari 100 orang . Data hasil
belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran TDE SMK Hang Nadim Batam.
Sedangkan data motivasi belajar dan suasana belajar dikumpulkan melalui angket
dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Data di analisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft
Excel 2007.
Hasil analisis data menunjukkan: (1) Motivasi belajar memberikan
kontribusi sebesar 26,6% terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Hang Nadim
Batam; (2) Suasana Belajar memberikan kontribusi sebesar 20,78% terhadap hasil
belajar siswa kelas X SMK Hang Nadim Batam; (3) Motivasi belajar suasana
belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 33,52% terhadap
hasil belajar siswa kelas X SMK Hang Nadim Batam. Jadi dapat disimpulkan
bahwa Motivasi belajar dan Suasana belajar berkontribusi terhadap hasil belajar,
semakin tinggi motivasi belajar dan semakin baik suasana belajar, maka hasil
belajar akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:39
Last Modified: 12 Aug 2025 01:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20832

Actions (login required)

View Item
View Item