Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang

Fitri, Margian Mulya (2018) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_MARGIAN_MULYA_FITRI_1442_14016083_2018.pdf] Text
final_B1_06_MARGIAN_MULYA_FITRI_1442_14016083_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media gambar berseri. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media gambar berseri. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen the one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 255 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan nilai rata-rata ujian semester dan standar deviasi dari delapan kelas tersebut. Data dalam penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media gambar berseri. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks eksplanasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media gambar berseri berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 59,67. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media gambar berseri berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 72,27. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung>ttabel (6,24>1,70). Dengan kata lain, model discovery learning berbantuan media gambar berseri berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL DISCOVERY LEARNING, KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:37
Last Modified: 12 Aug 2025 01:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20821

Actions (login required)

View Item
View Item