Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 3 Batusangkar

Wahyudi, Teja (2016) Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 3 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_TEJA_WAHYUDI_1550_1103505_2016.pdf] Text
final_B1_06_TEJA_WAHYUDI_1550_1103505_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Batusangkar.Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan minat belajar siswa dalam pembelajaran seni musik di SMPN 3 Batusangkar.
Jenis penelitian ini kualitatif dengan Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian yaitu siswa kelas VII.5, dengan instrument penelitian adalah peneliti sendiri sebagai peneliti utama dengan instrument tamabahan seperti seperangkat alat tulis, dan kamera foto. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan cara mengklasifikasikan data primer dan sekunder, kemudian disusun secara sistematis.pendekatan deskriptif. Objek penelitian yaitu siswa kelas VII.5, dengan instrument penelitian adalah peneliti sendiri sebagai peneliti utama dengan instrument tamabahan seperti seperangkat alat tulis, dan kamera foto. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan cara mengklasifikasikan data primer dan sekunder, kemudian disusun secara sistematis.
Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa terbagi menjadi dua, yaitu faktor intern dan ekstern. Faktor intern berupa perhatian, bakat, minat dan motivasi, cara belajar. Dan faktor ekstern berupa keluarga, sekolah, dll. Dari hasil penelitian yang peneliti amati mencakup faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa didapatkan hasil penelitian bahwa, kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran seni musik di SMPN 3 Batusangkar ini disebabkan oleh kurangnya strategi dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Guru lebih cenderung memberikan materi berupa teori dengan menggunakan metode ceramah, sehingga siswa merasa bosan dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran seni musik. Sedangkan untuk pembelajaran seni musik di butuhkan pembelajaran berupa teori dan praktek secara seimbang, untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran seni musik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Siswa SMP, Seni Musik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:37
Last Modified: 12 Aug 2025 01:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20815

Actions (login required)

View Item
View Item