Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Strategi Derected Reading Thinking Activity (DRTA) bagi Siswa Kelaas III SD Negeri 23 Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Murni, Yusneli (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Strategi Derected Reading Thinking Activity (DRTA) bagi Siswa Kelaas III SD Negeri 23 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_YUSNELI_ MURNI_ 57106_3667_2013.pdf] Text
final_B1_06_YUSNELI_ MURNI_ 57106_3667_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman di kelas III SD Negeri 23 Kinali. Siswa mengalami kesulitan untuk memahami bacaan dan sulit untuk menjelaskan isi bacaan maka dengan menggunakan strategi DRTA siswa mampu memahami bacaan dan menjelaskan isi bacaan dengan tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rencana pembelajaran membaca pemahaman teks cerita, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman dengan menggunakan strategi DRTA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 23 Kinali yang berjumlah 20 orang dan peneliti. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi dan catatan lapangan dari setiap tindakan pembelajaran siswa kelas III. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan 1 kali pertemuan. Data yang dikumpulkan mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar penilaian.
Hasil penelitian siklus I pada perencanaan diperoleh 68% dengan kriteria cukup, pelaksanaan dari aspek guru 68% kriteria cukup dan dari aspek siswa 67% kriteria cukup, hasil kemampuan membaca pemahaman siswa rata-rata 69 dengan kriteria belum tuntas. Sedangkan siklus II pada perencanaan diperoleh hasil 86% dengan kriteria sangat baik, pelaksanaan dari aspek guru diperoleh hasil 86% kriteria sangat baik dan dari aspek siswa diperoleh hasil 84% dengan kriteria sangat baik, kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 85 dengan kriteria sudah tuntas. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi DRTA dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri 23 Kinali.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan kemampuan membaca, Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:36
Last Modified: 12 Aug 2025 01:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20808

Actions (login required)

View Item
View Item