Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Gugus I Kecamatan IV Jurai

Putri, Yuri Yuliajati (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Gugus I Kecamatan IV Jurai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_Yuri_Yuliajati_Putri_18129090_6525_2022.pdf] Text
final_B1_06_Yuri_Yuliajati_Putri_18129090_6525_2022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang belum menggunakan model pembelajaran inovatif sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, belum maksimalnya kerja sama antar peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Gugus I Kecamatan IV Jurai.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi ekperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V Gugus I Kecamatan IV Jurai. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sehingga didapatkan kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata posstest di kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 86 dibandingkan kelas kontrol sebesar 63,3. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung = 2,434 sedangkan ttabel pada taraf kepercayaan 95% (�= 0,05) adalah 2,045. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, karena thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Gugus I Kecamatan IV Jurai.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik Terpadu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:35
Last Modified: 12 Aug 2025 01:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20801

Actions (login required)

View Item
View Item